PENDAFTARAN MAHASISWA BARU DIII KEBIDANAN RSIJ TAHUN AKADEMIK 2014-2015

Selasa, 19 Mei 2009

SEJARAH


HTML clipboard
Akademi Kebidanan Muhammadiyah Rumah Sakit Islam Jakarta merupakan jenjang pendidikan tinggi Diploma III Kebidanan salah satu milik amal usaha Muhammadiyah dibidang pendidikan.

Institusi ini bermula dari Sekolah Pengatur Rawat (SPR) yang didirikan oleh Rumah Sakit Islam Jakarta pada tahun 1971, pendidikan ini terus berkembang. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 113/Kep/Diklat/Kes/81 tanggal 26 Juni 1981 nama Pendidikan dari Sekolah Pengatur Rawat (SPR) berubah menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), Sampai dengan tahun 1996 telah meluluskan 707 orang tenaga perawat tingkat dasar.

HTML clipboardSejak tahun 1986, Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Rumah Sakit Islam Jakarta telah dipercaya oleh Departemen Kesehatan untuk menyelenggarakan program pendidikan bidan (Program Diploma I Kebidanan) baik program inpres maupun swadaya, sampai tahun 1997 telah meluluskan 606 orang tenaga Bidan Diploma I.

Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan dan sesuai dengan program pemerintah bahwa tenaga keperawatan minimal lulus D III Keperawatan, maka pada tahun 1996, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor: HK.006.0610194 Sekolah Perawatan Kesehatan (SPK) Rumah Sakit Islam Jakarta dikonversi menjadi Akademi Keperawatan (AKPER) Muhammadiyah Jakarta dan telah menerima mahasiswa sebanyak 2 (dua) angkatan serta telah meluluskan 78 orang.

HTML clipboardDalam menghadapi era globalisasi pendidikan Bidan Diploma I dirasakan kurang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan makin meningkatnya IPTEK, maka sesuai dengan petunjuk Kepala Pusat Tenaga Kerja Kesehatan Departemen Kesehatan RI dan dalam rangka mempercepat penurunan angka IMR dan MMR Akademi Perawatan AKPER Muhammadiyah Jakarta, sesuai dengan surat keputusan Menteri kesehatan RI Nomor : HK.1.3.02147, tanggal 14 Mei 1998 yang telah diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri RI Nomor: HK.00.06.1.3.0503, tanggal 25 Febuari 2004.

Sejak berdirinya Akademi Kebidanan Muhammadiyah sesuaim dengan misinya selalu dengan rasa tanggung jawab selalu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan mutu lulusan dengan peningkatan kualitas serta kuantitas tenaga dosen dan tenaga non dosen serta tentunya sarana dan prasarana. Hal ini terbukti dengan telah terakreditasinya Akademi Kebidanan Muhammadiyah Rumah Sakit Islam Jakarta, melalui surat Keputusan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan RI Nomor: HK.00.06.2.4.01582, tanggal 6 Juni 2001, dengan pendidikan Strata B+ dengan nilai 85.39 dan Insya allah sedang dipersiapkan untuk di Akreditasi ulang dengan tingkat Strata A

HTML clipboardHTML clipboardHTML clipboardVISI DAN MISI

HTML clipboardVISI
HTML clipboardAkademi Kebidanan Muhammadiyah Rumah Sakit Islam Jakarta sebagai insitusi unggulan yang Islami, menghasilkan Bidan profesional, Islami, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berfungsi sebagai da’i melalui profesinya sebagai untuk mewujudkan rahmat lil’alamin bagi ummat menuju masyarakat yang diridhoi Allah SWT.

HTML clipboardMISI

HTML clipboardAkademi Kebidanan Rumah Sakit Islam Jakarta :
  • Menegakkan keyakinan tauhid yang murni sesuai dengan ajaran Allah SWT yang dibawa oleh Rasulullah sejak Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW;

  • Wujudkan amalan-amalan Islam dalam kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat;

  • Memahami agama dengan menggunakan akal pikiran sesuai dengan ajaran Islam untuk menjawab persoalan-persoalan kehidupan yang bersifat duniawi;

  • Selalu berupaya meningkatkan kuantitas dan kwalitas Sumber Daya Manusia serta sarana dan prasarana yang menunjang program belajar mengajar;

  • Melaksanakan proses pendidikan sesuai perkembangan IPTEK modern dengan mengintegrasikan melalui ke Islaman;

  • Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi antara lain, penelitian terus menerus dalam mengembangkan pendidikan kebidanan Islami;

  • Menghasilkan peserta didik yang mampu menguasai teknologi kebidanan modern sehingga siap bersaing dalam era globalisasi dalam rangkanu pemerintah menurunkan Angka Kematian Ibu dan Anak.

HTML clipboardT U J U A N

HTML clipboardSejalan dengan qa’idah Perguruan Tinggi Muhammadiyah, maka tujuan pendirian pendidikan program Diploma III kebidanan (Akademi Kebidanan) adalah:

HTML clipboard1. Tujuan Umum
HTML clipboard
a.
Bersama dengan pemerintah menyediakan tenaga kesehatan muslim khususnya tenaga kebidanan dalam jumlah yang cukup dan jenis yang sesuai sehingga mampu mngemban tugas untuk ikut aktif meningkatkan program pemerintah dibidang kesehatan.
b.
Wadah untuk mengembangkan diri bagi lulusan SMU disekitar wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya


STRUKTUR ORGANISASI


HTML clipboard

YAYASAN RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA +

DIREKTUR : Hj. Hayatun Nufus, SST
PUDIR I BIDANG KURIKULUM & PENDIDIKAN : Elli Hidayati, SST
PUDIR II BIDANG ADMINISTRASI UMUM & KEUANGAN : Drs. Pardjito
PUDIR III BIDANG KEMAHASISWAAN & BP : Fatimah, SST
PUDIR IV SDM & KEMUHAMMADIYAHAN Rohimi Zamzam, P.Si, SH, M.Pd
KEPALA BAGIAN EVALUASI : Ns. Erni Rita, S.Kep
KEPALA BAGIAN PRAKTEK : Hirfaturrahmi, SST
KEPALA BAGIAN ADM AKADEMIK : Giri Widakdo, S.Kp
KEPALA BAGIAN KEUANGAN : Suparno, SE
KEPALA BAGIAN ALUMNI : Hamidah, SST
KEPALA BAGIAN PERSONALIA : Tatang Buchori, S.PdT





1 komentar:

  1. GOOD LUCK!!!! WT AKBID MUHAMMADIYAH RSIJ...
    Terus wujudkan VISI dan MISI yG telah dimiliki, tetap SEMANGAT untuk menjadikan AKBID MUHAMMADIYAH RSIJ selalu "THE BEST" dengan tetap berpedoman pada tiang agama ISLAM........

    BalasHapus